SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR SETELAH MEMBACA ARTIKEL

Kamis, 04 April 2013

PRINSIP DASAR MEMBUAT ANIMASI

12 Prinsip Dasar Membuat Animasi

Pada kesempatan kali ini mas ady mau bagi-bagi tips nih bagi anda yang ingin membuat animasi, ada baiknya anda mempunyai dasar-dasarnya terlebih dahulu, langsung saja berikut 12 prinsip dasar animasi :

1. SQUASH and  STRETCH (Memuai dan Menyusut)
Tujuan dari Squash dan Stretch adalah untuk memberikan kesan yang lebih hidup pada objek animasi yang kita buat, seperti ini gambarnya :
squash atas, stretch bawah
A tanpa squash and stretch B menggunakan keduanya



2. ANTICIPATION (Awalan)
Setiap benda atau objek yang akan bergerak pasti ada gerakan awal, nah inilah yang disebut dengan antisipasi gerak, seperti ini gambarnya.

posisi ke 2 adalah anticipation

3. STAGING
Dalam animasi meliputi bagaimana "lingkungan" dapat mendukung suasana atau "mood" yang ingin dicapai pada sebagian atau keseluruhan scane.

perhatikan perbadaan posisi pada gambar
\4. STRAIGHT AHEAD ACTION and POSE TO POSE
Straight ahead action yaitu menggambar animasi dengan cara seorang animator menggambarnya satu per satu frame by frame, keuntungan menggunakan ini adalah kualitas dan konsistensi gambar terjamin karena digambar oleh satu orang. sedangkan
Pose to Pose yaitu pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambarnya hanya pada keyframe keyframe tertentu, dan sisanya digambar oleh animator lain/asisten animator.

straight ahead action
pose to pose

5. FOLLOW THROUGH and OVERLAPPING ACTION tubuh
Follow through dimaksudkan bahwa ada bagian tubuh tertentu dalam animasi yang masih bergerak ketika anggota tubuh lain selesai bergerak.
Overlapping action secara mudah dapat dianggap gerakan saling-silang, maksudnya adalah serangakaian gerakan yang saling mendahului (overlapping).
6. EASE IN and EASE OUT
Bahwa setiap objek memiliki percepatan dan perlambatan.
Atas Adalah Ease In, Tengah Ease out dan Bawah keduannya

7. ARCH
Pada animasi bisa jadi manusia,hewan,tumbuhan dan yang lainnya pasti bergerak mengikuti pola (maya) atau sering disebut arch.
Perhatikan arch pada tangannya

8. SCONDARY MOTION
Gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk menambah nilai realistis dari objek animasi.

9. TIMING and SPACING
Timing adalah waktu dimana benda harus mulai bergerak.
Spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan suatu objek ketika sudah bergerak.
10. EXAGGRATION
Upaya untuk mendramatisir objek animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis.
ekspresi wajah yang ketakutan

11. SOLID DRAWING
Meskipun sekarang peran gambar yang dihasilkan sketsa secara manual sudah bisa digantikan oleh komputer, tetapi dengan pemahaman prinsip "menggambar" akan menghasilkan animasi yang lebih "peka".

12. APPEAL
Keseluruhan dari semua prinsip dasar, dengan memahami look dan gaya visual animasi.

Demikianlah info tentang 12 prinsip dasar animasi, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel IT lainnya.
salam sukses selalu.

Artikel Terkait info multimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar